Know your style?: Sejarah Merek Jam tangan Rolex

Sejarah Merek Jam tangan Rolex


Sejarah Jam Tangan Rolex. Perusahaan rolex didirikan oleh Hans Wilsdorf (lahir pada 22 maret 1881) di kulmbach Franconia (Jerman). Pada Tahun 1900 ia magang di perusahaan ekspor arloji yang terletak di La Chaux De Fonds., swiss. Saat umur 24 tahun dia memutuskan untuk membuat perusahaan arloji sendiri yang dinamakan wilsdorf & davies yang didirikan pada tahun 1905 di london. Pada tahun 1908 perusahaan itu menjadi perusahaan Jam Tangan terkemuka di britania raya.
Hans bermimpi untuk menciptakan sebuah merek jam tangan nya sendiri yang akhirnya dia memutuskan untuk nama rolex sebagai mereknya. Jam Tangan rolex adalah kepanjangan dari “horlogerie exquise” kata dari bahasa spanyol dan pada tahun 1910 mendapatkan pengakuan resmi dari “biro officiel” di Bienne.
Tahun 1910, Rolex mengirimkan movement untuk pertama kalinya ke School of Horology di Swiss. Movement itu akhirnya memperoleh untuk pertama kalinya sertifikat chronometer di dunia. Movement tersebut berhasil memenuhi 2 kriteria utama dalam uji chronometer yaitu: 1) tingkat akurasi dan 2) kehandalan. Pada masa itu, jam-jam yang diproduksi memiliki kelemahan di casingnya. Debu dan air dengan mudah dapat masuk melalui caseback dan kenop (crown). Atas dasar itulah akhirnya Wilsdrof berusaha untuk menciptakan sebuah syatem casing yang anti debu dan air. Temuan di akhir tahun 1926 ini akhirnya merubah total system produksi di dunia horologi.
Publikasi pertama kali casing Oyster ini dilakukan oleh Mercedes Gleitze seorang perenang wanita pertama Inggris yang berenang menyeberangi selat Inggris. Saat itu Mercedes menggunakan jam Rolex Oyster yang ditawarkan oleh Wilsdrof. Dan sebulan setelah bukti bahwa jam Rolex Wilsdrof memang kedap air, Wilsdorf kemudian membuat publikasi besar-besaran di koran-koran Inggris.
Pada tahun 1925 Hans menghabiskan dana 100.000 franc untuk beriklan Jam Tangan Buatannya sendiri di majalah berita inggris dan menggembar gemborkan kualitas arlojinya. pada tahun 1926 rolex oyster yang terkenal itu muncul. Hans meninggal pada 6 juli 1960.
Uniknya arloji ini dibuat oleh orang jerman, yang belajar membuat jam di swiss, dibuat di inggris, dengan merek yang berasal dari bahasa spanyol, dipalsukan di china dan kemudian dipasarkan di seluruh dunia . rolex juga mendapatkan gelar sebagai Jam Tangan yang paling banyak di palsukan di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Know your style? Urang-kurai